Pasti tidak jarang kita sering mendownload program komputer khususnya yang tersebar diinternet. Pasti tidak asing mendengar instialh shareware, freeware maupun trial/demo. Beberapa mungkin mengira freeware dan shareware adalah sama hany berbeda istilahnya, sedangkan trial/demo jelas berbeda dengan yang lain. Disini saja mencoba menjabarakan perbedaannya menurut pandangan dan pengalaman saya menggunakan software-software dengan status tersebut.

 

 

Freeware

Pasti sudah pada mengenal dan tahu karena sering sekali orang mencari sofwtare gratis yang memiliki fitur setara dengan yang berbayar. Secara penggunaan software yang dilabeli freeware memang bebas digunakan dan disebarluaskan tapi tetap ada saya batasan yang diberlakukan untuk software ini. Bahwa sesuai dengan statusnya yang gratis bahwa software ini tidak boleh diperjualbelikan maupun direntalkan demi keuntungan. Fitur- fitur dalam software ini dapat digunakan secara penuh tanpa adanya batasan pemakaian.

contoh : Comodo Firewall

 

Shareware

Beberapa orang beranggapan shareware sama dengan freeware karena kenyataannya ada beberapa situs katalog software menuliskan ‘shareware/freeware’. Padahal kedua jenis software ini berbeda meskipun dalam beberapa hal serupa. Semisal penggunaannya yang tidak dibatasi alias bisa dipakai selamanya maupun penyebarluasannya. Perbedaannya adalah biasanya ada beberapa fitur yang yang hanya bisa didapat bila membayar. Namun dalam penggunaannya shareware sebenarnya sudah memiliki fitur yang hampir sepenuhnya bisa digunakan oleh user biasa tanpa butuh fitur yang lebih.

contoh : Super Audio Converter

 

Trial/DEMO

Sesuai dengan arti kata tersebut yang dalam bahasa indonesia berarti uji coba. Yup software ini memiliki batasan dalam hal penggunaan karena memang tujuannya hanya agar user/konsumen sempat mencicipi seperti apa software tersebut sebelum membelinya. Batasan biasanya berupa maksimum masa pakai beberapa hari tetapi ada juga yang batasan berupa fitur dimana fitur-fitur utama yang menjadi fungsi dari software itu tidak dapat digunakan/berfungsi secara penuh.

contoh : Kasperky Anti-Virus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s